Minggu, 23 Februari 2014

[Mozaik Blog Competition 2014] Nulis-nulisan Vs Nulis Beneran










Hello everybody :D

Weleh udah lamaa kita gak jumpa, gak desah mendesah jari bersama tuts keyboard – nadanya mendesah soalnya kalo mendesis jadinya uler, atau bahas tentang cerita pengalaman dari minggu ke minggu. Gue gak tau jari gue ini masih hapal letak huruf-huruf keyboard atau enggak, soalnya saban kemaren gue nyoba inovasi bongkar dan acak ulang susunannya!  Gue bosen banget bro,tiap buka laptop, itu keyboard gak pernah pinter, selalu urutannya asdfghjkl –“ yaudah bro, akhirnya gue coba menjadi pencetus sebuah hal yang selama ini lo semua udah diajak sesat!
“SESAT LO SEMUA!!!”— ngacungin telunjuk. Jadi gue ganti tuh posisi abjadnya sesuai sama urutan ablphabet yang sejak kecil emak gue mengajarkannya. Menurut ilmu yang udah gue kantongin sih ya, alphabet itu musti dimulai dari “ABCDEFGHIJKLMN…dst”, maaf gak mau spoiler :p silakan cari tau sendiri. Ternyata, alhasil setelah gue oprek itu tutsnya jadi berurutan, gue baru sadar, secara perlahan gue udah korup dalam ngegunain fungsi  10 jari yang dikasih secara cuma-cuma ini dari Tuhan -__- *aduhkhilaf* ternyata gue baru nyadar hikmahnya kenapa keyboard ini gak pernah lebih pinter dari gue, kenapa ngeletakin huruf-hurufnya secara rumus begitu. Iya, soalnya pas dicoba gue susun berurutan, kecepatan gue dalam mengetik, bukannya makin ahli eeh malah makin keserumpit -___-“ *alah keserimpet maksudnya* padahal gue gak ngetik sambil pake sarung loh..

Yauda deh, alhasil sekarang dengan penuh kecerdesan penemu si asdfghjkl, gue mulai mengakui  betapa berartinya sebuah filosofi kebodohan, karena terkadang gak ada yang salah dengan kebodohan. Justeru kebodohan mengantarkan kita buat lebih mikir dan belajar, terutama nemuin sebuah keunikan dan kesistematisan  yang langka ditemukan *ngarang*

Setelah gue melakukan senam jari *satumenityanglalu, ketikagwmulaingetik*, akhirnya dengan sedikit agak keserimpet juga sih [tetep], gue bisa ngembaliin fungsi 10 jari ini dalam mengetik! Yihaaa~ malah jadinya gak mau berenti nih. [CUKUP – karena cerita awal itu sebenernya Cuma khayalan gue aja]. Yauda deh yaa.. daripada mubazir gue ngetik gak jelas, mending gue sharing sekilas “WRITER WANNABE..”. 




Iya itu kalimat yang Alhamdulillah berhasil gue dapatkan artinya secara acak yang berarti “Penulis Ingin Menjadi” nah loh -__- ko begitu? Penulis emang mau jadi apa kalo udah jadi penulis? *ADUH BRO! itu kan artinya secara acak, makanya belajar bahasa inggris jangan pake google translate -,--  Oke oke, jadi maksudnya di sini tuh orang yang bercita-cita menjadi seorang penulis. 
Kembali ke cerita gue, hem seinget gue, dulu gue itu terobsesi banget jadi penulis. Oya, ralat. Kata bangetnya jangan ikut dibaca yak. Pengen lah ya intinya. Emang sih, yang gue sadarin sejak kecil aja hobi gue itu udah nulis, bayangin! Dari gue umur setaun, itu gue hobi banget sama nulis. Waktu itu yang jadi slogan gue “Menulislah di manapun, kapanpun, dan sesuka lo! YEAAH – WRITE IS EVERYWHERE..!! so, gue inget tanpa ada yang kelewat semua pengalaman gue dengan hobi menulisnya itu.




Ibarat orang yang demen banget berkreasi pake pilok, doi gambar berbagai macam yang dianggapnya seni, begitu juga gue, gue nulis itu berasa kaya ngerti, “bahwa tembok rumah gue ini butuh hiasan dinding” – akibat salah gaul bro, hampir di dinding rumah gue itu berhiaskan tulisan-tulisan indah yang menyayat hati – contohnya aja bikin emak bapak gue panik, gatau ya kenapa? Harusnya mereka bersyukur banget punya anak cerdas kayak gue kan? Umur setaun aja udah kreatif banget. Untung aja itu rumah yang gue tempatin kontrakan orang:p 

Umur  tiga taunan gue pindah rumah. Udah punya rumah baru. Rumah yang lama ditinggalin dengan penuh rasa ketanggungjawaban, babeh gue ngecatin itu tembok yang watir banget akibat jejak tulisan indah gue – pensil, pulpen, crayon, spidol. Cuma gue heran, kenapa seusia muda itu gue gak dibeliin sekalian cat air atau cat minyak? -,- mungkin gue bisa bikin tembok rumah jadi colourful kaan…. Sayangnya, mereka terlalu mengabaikan bakat gue ini. Sampe akhirnya gue dibeliin tuh, papan tulis kecil sama babeh. Ah, mungkin waktu itu gue ngerasa gak puas! – HAK MENULIS GUE LAGI-LAGI GAK TERSALURKAN DENGAN BAIK! – sedih nguras bak mandi pake sikat gigi. [ iyalah, lagian kapan kelarnya kalo begitu -__-] so, penuhlah tembok rumah gue ini  [lagi] dengan rupa-rupa tulisan :D 

Ada tulisan ABCD yang gak pernah gue kelarin nulisnya, mungkin emak gue baru ngajarin empat huruf doang, ada rentetan angka 2 yang secara alam sadar gue saat ini, bentuknya tuh lebih mirip toge yang suka emak gue oseng, atau ada lagi gambar keluarga manusia yang tinggal di gunung, punya sawah, punya rumah gubuk, saking miskinnya mungkin ya? itu manusianya kurus kering tanpa daging, rambutnya aja palingan cuma sehelai tiga helai, BAYANGKAN! betapa sadisnya yang gambarin itu semua L    Eh, udeh deh ah terlalu bahagia pokoknya pengalaman tentang tulis-menulis gue sejak balita mah haha. Sekarang bahasannya bakalan dimulai sejak gue duduk di bangku SMP. Jadi, jaman putih-biru ini gue berasa kenalan sama tulisan dengan lebih galau, kenapa galau? Soalnya gue tumpahin yang namanya galau itu lewat bait-bait puisi penuh menggoda alay xp wkwk. Yaelaah aib lagi deh kan. Iya gue ngaku dah! Gue pernah alay yang di jaman itu dikatanya GAUL HAHA~ sampe-sampe ejaan yang aslinya lebih dikit penggunaan hurufnya, itu secara otodidak gue sanggup menciptakan keunikan dalam pembaruan kata! Udeh ah, surem. Jangan buka kartu. 

Sebenernya dari jaman gue SD, nulis buku diary tuh udah jadi suatu kebiasaan yang wajib! Pasalnya waktu gue kelas 4, gue lupa gimana ceritanya bisa nemuin buku harian emak gue jaman SMEA, ya itu jaman dulu namanya smea, sama aja kayak SMK. Lupa juga isinya kayak apa, tapi yang gue baca sih ada beberapa halaman yang sempet bingung juga gue menafsirkannya, entah itu puisi, artikel, apa curhatan? -_-“    Sampe akhirnya, dari situ kalo gue nulis, bahasa-bahasa gue udah macam bahasa kalbu keserimpet pohon toge! Sok sok puitis gitu kan. Yauda deh smp, gue coba eksperimen bikin karya sendiri ceritanya dalam satu buku tulis. Itu isinya kumpulan puisi, tepatnya sih setelah gue baca, itu puisi galau dan tentang cinta semua Xd HALAH, umpetin dulu deh bahasan cinta.

Sampe suatu ketika teman cowok gue yang notabene nya gitaris band –abalabal, niat banget nyuruh gue bikini puisi, katanya sih buat inspirasi lirik lagu – setelah gue cerna kayaknya sih lebih ke modusisasi -_-“   Selama SMP itu gue nyoba yang namanya proses bikin karya dalam satu buku, -dan itu udah keulang dua kali- , lebih tepatnya pas gue duduk di bangku SMK. Selain itu, tahun 2009 lalu atau pas gue masih 2 SMP, dengan penuh keisengan, gue memutuskan untuk membuat sebuah blog. Awalnya gue bisa bikin blog itu, gegara babeh gue ngebeliin sebuah buku tutorial bikin akun sosial media, haha gak nyangka lewat tuh buku, gue bisa jadi blogger sampe sekarang. Ah, berat banget kalo nyebut diri gue blogger, haha apdet aja paling enggak sebulan beberapa kali. Itu pun gak konsisten banget. Overall, gue tetap suka menulis dan blog walking! [everywhere  HAHA]

SMK sampe sekarang gue duduk di bangku kuliah semester 2, secara bangga gue menyatakan belom pernah dapet prestasi dan penghargaan apa-apa di dunia menulis! Ya, kalo iseng ikutan kuis atau lomba sih suka, itupun baru beberapa kali. Karya cerpen gue juga gak banyak. Tapi kalo lo mau kiranya sedikit tengokin macam tulisan gue, ya silakan aja buka rumahsinggahbulan.blogspot.com, entahlah tulisan-tulisan gue itu punya rumah berkategori apa.

Ngos-ngosan deh kan gue ngetiknya, terlalu miris perjuangan gue yang katanya dulu meng-elu-elukan “CITA-CITA PENULIS”. ( : SEDIH, karena gue terlalu berangan dan bertindak sedikit sekali. Ya, mungkin karena pada dasarnya nulis ini just HOBI, kalo buat diseriusin, yah “mungkin”, tapi sesadar gue sih masih perlu banyak proses belajar dan pengalaman demi pengalaman. YAP! Belajar dari pengalaman. Karena pengalaman itu gak bisa diajarin, cuma kita sendiri yang bisa ngalamin :’) walaupun sedemikian usaha gue, bolak-balik ikut acara workshop menulis, atau seminar kepenulisan, yah tetep aja gak tau mandeknya di mana. Kadang gue suka susah nemu “IDE CERITA” buat projek yang bakal diseriusin. 

Bahkan sekarang gue mengalami yang namanya krisis menulis. Udah hampir sebulan gue gak nulis. Dan karena ada info lomba ini numbuhin semangat gue lagi buat numpahin ide yang numpuk ngejamur – flashback. Dulu itu tokoh inspirator menulis gue ya BANG RADITYA DIKA. 





SUMPAH! Gue waktu jaman sd itu kelas 5-an baru tau dan mulai suka baca buku, ya dari novelnya. Waktu itu sih dipinjemin sama sabeum taekwondo gue. So, mulai kecanduan pas smp. Dan anehnya buku itu baru tenar di kalangan teman-teman gue pas kelas 2 SMP. YAH! Untungnya gue gak kudet banget :P wkw hampir semua bukunya bang radit gue baca, kecuali yang tahun kemaren  baru-baru terbit, gue males aja gak tertarik lagi bacanya. Mungkin sedikitnya kekonyolan tulisan-tulisan itu mulai kurang ngefek di gue. Haha padahal emang gue gak pernah beli bukunya juga sih, haha pasti selalu minjem ke temen :p hahah, ditambah mulai SMK sampai saat ini, semakin gue mengenal dunia buku, tulisan, sastra, di situ mulai memunculkan tokoh-tokoh baru serta genre lain yang gue sukai, salah satunya aja Dewi Lestari, satu lagi Andrea Hirata. Eh, kalo gitu salah duanya ya, ralat! Bukan salah satu, karena gue nyebutin dua orang.

Meskipun kalo ceritanya Andrea Hirata itu emang kadang susah banget dicerna. Sedangkan dewi sih, gue masih fine-fine aja. Tulisan-tulisannya itu bagi gue bener-bener refleksi kata, gue suka, apalagi yang berbau sastra, ketambah gue berasa punya kesamaan dalam tulisan gue, di mana kadang jatohnya tulisan gue itu sulit untuk sekedar diartikan *gibasjambul*

Akhir-akhir yang lalu, gue emang terpaku dalam satu genre, dan memokuskan aliran tulisan gue ini beralih ke tingkat serius + rumit, [iya, jadi berhubung dulu gue baru kenal sosok penulis Raditya dika, otomatis gaya nulis gue pun jadi teracuni agak gak waras gitu]. Haha seru sih, bahasa gue jadi berbunga-bunga, tapi emang sedikit yang suka, soalnya mereka kebanyakan lebih asoy baca tulisan yang ringan dan gak berbelit-belit. Oke lah, tulisan itu relevan aja. Gak ada tulisan yang jelek, ataupun bagus banget. Ya relevan itu maksudnya sesuai selera orang aja. Gak bisa dipaksain.

Dan di detik-detik yang penuh kegersangan kata akhir bulan ini, gue sepakat menyatakan kalo, “NULIS ITU BEBAS! JANGAN TERPAKU SATU HAL! JANGAN PILIH-PILIH SESUAI APA YANG LO SUKA DOANG! HARUS BANYAK BELAJAR SEMUA GENRE.” – ah lebay, itu sih bertele-tele! Intinya, gue mau ngasih pelajaran, kalo nulis itu sesuka hati lo aja, apa yang mau lo tulis, ya tinggal tumpahin.  Lo gak harus nunggu ide dengan sesuai yang lo pengen, adakalanya ide yang beragam itu malah lebih mengajak lo lepas terjun menulis dengan berbagai wawasan luas, dan tentu komunikatif. Kalo lu lagi sedih, ya tuangin aja, bahagia? Ya sama tuangin aja. Tapi emang gaya lo menulis itu jadi kebiasaan sendiri, enjoy aja.  Dan buat lo yang pengen jadi penulis, terus bangkitlah sampai menembus impian itu! buat yang gak kepengen banget kayak gue, *walaupun sejujurnya writerpreneur juga jadi salah satu minat gue* yap pesennya teruslah kembangin kreatifitas lo dalam menulis. Banyakin baca, belajar banyak pengalaman dan sharing sama orang yang juga minat dalam dunia menulis, dan tetap yakin selalu ada jalannya : ) mau di tahun berapa lo bisa jadi penulis, [red-bisa terkenal] itu sangat tidak penting sebenarnya! So pasti, langkah awal kita dalam menulis itu ya menulis sebanyak-banyaknya. 

Yang jelas, kata seorang penulis maestro yang pernah gue denger,dalam menulis itu kita harus menulis “APA YANG HARUS ORANG TAU”, bukan yang “ORANG LAIN PENGEN BACA AJA”. Secara gak langsung, lewat menulis kita nyampein manfaat dan nilai kebenaran. Karena menurut gue, menulis itu sangat indah dan berperikemanusiaan! – bebas bro. lo bisa banyak menyampaikan gagasan, sharing pengalaman, menghibur orang, dan kata pakar kesehatan sih bikin lo awet muda dan gak stress :D

         Oke, mulai detik ini bagi yang belom bisa atau baru mau mulai tertarik buat nulis, silakan mulai menulis! – tapi ingat, jangan mimpi bisa seketika jadi penulis terkenal. Jadilah penulis untuk rekam jejak lo, serta penebar manfaat. Jadi terlepas dari lo bakalan bisa jadi penulis beneran – terkenal, ataupun enggak sama sekali, yang namanya menulis itu harus terus berjalan, selama lo bernafas. Menurut gue menulis itu sama aja kayak impian, kalo semua itu berhenti dan lenyap dari kehidupan lo, itu sama berarti lo itu gak hidup! – MATI. Dan satu hal buat lo yang pengen banget jadi penulis, lo bener-bener gak boleh kudet, harus banyakin baca, dan gak males buat yang namanya MEMBACA!





* * *

3 komentar:

Unknown mengatakan...

ya, sepertinya banyak orang terinspirasi Raditya Dhika, terutama karena dia bukan hanya sukses ngeblog tapi juga blognya itu jadi buku dan film, siapa sih tidak mau blognya jadi buku dan film......

Kamu brilian!

Seperti kutipanmu. Ketika menulis, yang harus kita pikirkan adalah apa yang harus orang tau, bukan sekedar baca aja......aku suka ini

Tulisanmu panjang, cair dan menarik

Ini blog saya:

KLIK DI SINI

SepagiSenja mengatakan...

wah ini komennya pada ilaang setelah ganti tamplate .--.

SepagiSenja mengatakan...

@kangDana iya, terima kasih banyak, makasih juga udah mampir dan baca postingan ini :)

My inspiration..,

My inspiration..,

Blogger templates

Free Bunny Carrot MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com

Pages - Menu

 

Copyright 2010 Beranda Senja.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.